4 Tips Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

By | January 12, 2021

Menurut banyak survei, anak-anak cenderung menghabiskan terlalu banyak waktu menonton TV dan menggunakan smartphone. Sebagai orang tua, Anda mungkin khawatir tentang hubungan antara anak-anak dan anak-anak dan dampaknya terhadap kesejahteraan mereka. Mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain game favoritnya dan berselancar di web. Waktu ini harus dihabiskan untuk kegiatan luar ruangan lainnya. Meskipun Anda tidak ingin memisahkan perangkat digital dari anak-anak Anda, Anda harus mengawasi mereka. Dalam artikel ini, kami akan berbagi dengan Anda beberapa tips yang akan membantu anak-anak Anda memiliki kebiasaan digital yang sehat.

1. Dorong Kreativitas

Ketika online, anak-anak harus belajar sesuatu yang baru dan kreatif. Misalnya, anda mendorong mereka untuk membuat sesuatu, membuat video, menulis artikel, mengedit foto, atau membuat video game sederhana. Dengan kata lain, mereka harus kreatif daripada konsumen dari berbagai jenis konten digital.

2. Diskusikan Kesukaan Anak di Dunia Maya

Di internet, ada banyak website, akun chanel, bintang olahraga, ikon musik, dan perusahaan. Arahkan anak anda untuk mengikuti tokoh, idola atau web apapun, yang mempunyai nilai-nilai edukasi yang baik terhadap anak anda. Misalnya web-web yang berisikan tentang pelajaran sekolah, ilmu pengetahuan umum dan lain sebagainya.
Demikian pula, jika mereka suka fotografi, mereka harus berbagi pekerjaan mereka secara online. Dengan kata lain, mereka harus mengikuti kepribadian yang dapat menginspirasi mereka. Lagi pula, mereka tidak boleh menghabiskan waktu dan energi mereka untuk sesuatu yang tidak dapat membuat mereka lebih baik.

3. Cek Aplikasi di Smartphone Andak Anda

Banyak anak-anak menginstal banyak aplikasi di perangkat mereka yang tidak bermanfaat bagi mereka. Anda mungkin ingin mendorong mereka untuk menyingkirkan aplikasi yang tidak dapat mereka gunakan lagi. Atau, Anda dapat menemukan beberapa permainan yang lebih baik dan meminta mereka untuk menggunakannya sebagai gantinya. Berikan pemahaman untuk mengistal aplikasi yang baik dan cocok sesuai umur anak anda.

4. Berikan Contoh yang Baik

Anak-anak memiliki kecenderungan untuk belajar dari apa yang mereka lihat dan alami dan cenderung tidak memperhatikan ketika diberi arahan dengan kata-kata. Maka tip yang paling efektif adalah memberikan contoh perlilaku yang baik untuk ditiru oleh anak anda.

Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu menonton TV di depan anak-anak Anda. Jangan gunakan ponsel cerdas Anda saat Anda berbicara dengan seseorang. Ketika anda memberikan banyak arahan dengan kata-kata sementara anda tidak memberikan contoh yang baik seperti yang anda sampaikan kepada anak anda, maka akan sia-sia.
Jika Anda mengikuti praktik terbaik ini, anak-anak Anda kemungkinan besar akan mengikuti jejak Anda. Oleh karena itu, sebelum anda menasehati anak anda, lebih baik nasehati diri anda sendiri, praktekkan, maka dengan sendirinya anak akan lebih mudah mengikuti saran anda.

Kesimpulannya, jika sejak dini anda membiasakan perilaku yang baik ini dalam keluarga anda, mereka akan berubah menjadi lebih baik. Ini sangat penting, karena tanpa bimbingan dan pengawasan yang baik, akan sangat berbahaya jika anda terlibat dalam kebiasaan buruk dengan dunia digitalnya. Dengan kata lain, Anda dapat mendorong mereka untuk fokus pada kebiasaan digital yang sehat dan positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *