5 Tips Mengajarkan Anak Anda Sopan Santun dan Etika

By | December 11, 2020

Tidak ada salahnya anda mengajarkan etika dan sopan santun kepada buah hati anda sejak usia dini. Karena semakin awal itu anda lakukan, maka kemungkinan nilai-nilai etika dan sopan santun itu akan tertanam di jiwa anak anda semakin dalam. Tetapi mengajarkan sopan santun butuh proses yang panjang, selain membutuhkan kesabaran yang tinggi, juga diperlukan sedikit trik dan cara. Tetapi yang paling penting, sopan santun dan etika tidak hanya diajarkan tetapi juga harus ditunjukkan dan didukung oleh semua anggota keluarga yang tinggal di rumah Anda.
Berikut adalah 5 tips berguna untuk mengajarkan anak anda sopan santun dan etika:


Jadilah panutan

Terutama ayah dan ibu, serta orang dewasa yang tinggal dalam satu rumah harus kompak bersama-sama memberi contoh prilaku yang baik.  Jika Anda memberikan yang baik dalam kegiatan sehari-hari, semakin besar kemungkinan anak Anda untuk meniru dan mencontohnya dengan cepat dan benar. Ingat, menjadi orang tua yang santun adalah langkah pertama untuk memiliki anak yang santun.

Komunikasi Yang Baik
Temukan waktu yang tepat untuk duduk dan berbicara kepada buah hati anda, beri tahu mereka apa itu etika dan sopan santun dan jelaskan aturan kepada mereka. Jika anak anda masih usia dini , anda dapat menyisipkan pelajaran itu kepada mereka pada waktu bermain dan santai.  Setiap kali anda bermain dengan mereka sedikit-sedikit anda bisa memasukkan nilai2 tengan sopan santun dan etika, jadi tidak perlu mengagendakan waktu khusus tertentu. Pastikan apa yang anda ajarkan adalah sesuai usia mereka.

Sabar dan Telaten
Sopan santun dan etia yang baik tidak dapat diajarkan dalam semalam. Ini adalah topik yang sangat luas dan seorang anak perlu mempelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu. Salah satu contoh sederhana dalam mengajarkan kepada anak kecil adalah dengan mengajari anak Anda 5 kata-kata, yaitu :  “tolong”, “terima kasih”, “maaf”, “bolehkah saya?” dan “permisi”. Pastikan untuk sering menggunakan kata-kata ini ketika berbicara dengan bayi, balita, dan anak-anak. Juga memberi mereka banyak kesempatan untuk menggunakan dan mempraktikkan teori ini sejak dini.

Buatlah Tabel dan Agenda
Kalau perlu, buatlah tabel atau schedule untuk menentukan target waktu maupun tujuan dari pengajaran ini. Klasifikasikan nilai-nilai etika yang akan anda berikan, misalnya klasifikasi menurut umur atau tingkat sekolah. Sehingga sesuatu yang diajarkan mudah diterima.

Sekali-kali Beri Anak Anda Pujian
Ketika si kecil menunjukkan perilaku sopan, jangan pernah ketinggalan untuk memberinya pujian. Penguatan positif dari orang tua mereka adalah salah satu motivasi terbesar anak-anak ketika mencoba mencapai sesuatu. Jika dia rindu untuk mengatakan “terima kasih”, beri dia pengingat yang menggembirakan.

Coba praktekkan ke lima trik diatas. Saya yakin selama orang tua memberikan pendidikan etika dan sopan santun disertai memberi contoh yang berupa perilaku sehari-hari, maka anak akan terbiasa bersikap sopan sejak usia masih dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *