15 Langkah Agar Terhidar dari Covid-19

By | January 11, 2021

Pandemi Covid-19 telah menjangkiti hampir seluruh negara-negara di dunia, tak pandang bulu, negara miskin, berkembang, bahkan negara maju pun tidak luput terpapar virus ini. Dampaknya sungguh luar biasa, tidak hanya sektor kesehatan yang terpukul. Bahkan semua sektor terkena dampak dari pandemi ini, terutama sektor ekonomi.

Covid-19 menyerang semua umur, balita, muda dan lansia. Virus ini ketika menyerang manusia yang mempunya sistem imun cukup baik, sebenarnya tidak menjadi masalah, karena virus tersebut akan mati dengan sendirinya dalam masa 14  hari. Sebaliknya, virus ini sangat berbahaya ketika menjangkiti manusia yang telah mempunyai penyakit kronis bawaan, dan mempunyai sistem imun yang lemah.

Mau tidak mau, kita harus hidup berdampingan dengan virus ini. Hal yang paling penting adalah menjaga sistem imun dalam tubuh kita agar selalu dalam keadaan terbaiknya. Setidaknya ada 15 langkah kebiasaan baru yang harus kita terapkan dalam aktifitas kita, mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi, yaitu:

  1. Hidup Higienis, di mana saja, dan dengan segala cara. Menjaga kebersihan pribadi sangat penting.
  2. Setiap kali Anda pindah, kenakan masker wajah ketika berapa di area publik, masker kain dua lapis lebih baik. Anda dapat menggunakan kembali hal yang sama setelah mencuci. Anda juga bisa membuatnya di rumah.
  3. Saat mengenakan dan melepas masker, anda harus berhati-hati, anda tidak boleh menyentuh bagian tengah dengan tangan selalu pegang tali untuk dipakai dan dicopot.
  4. Jangan letakkan topeng anda sembarangan, setelah digunakan. Cucilah dengan sabun atau deterjen segera. Jika itu adalah masker ‘satu kali’, Anda harus mencucinya dengan cara yang sama dan memasukkannya ke dalam kantong plastik dan kemudian ke kantong sampah. Anda juga dapat memotong yang sama menjadi satu atau dua bagian, karena ini akan mencegah seseorang menggunakan hal yang sama lagi. Setelah melepas masker, Anda harus mencuci tangan.
  5. Ingat, ketika Anda berada di luar rumah, anda tidak akan tahu apakah orang di dekat Anda adalah pembawa Virus Corona. Ini praktis berarti bahwa seluruh tubuh Anda tidak higienis dan karenanya, jangan pernah membiarkan tangan anda menyentuh bagian tubuh anda yang rentan seperti hidung, mata, dan mulut.
  6. Selalu bawa sebotol kecil hand sanitizer, ini akan sangat membantu anda ketika sedang di luar rumah.
  7. Sementara hindari jabat tangan, jangan menyapa dengan jabat tangan, sebagai gantinya anda hanya dapat melipat tangan Anda dan menganggukkan kepala Anda. Ini adalah bentuk salam terbaik.
  8. Membersihkan tangan anda lebih sering, ketika anda berada di rumah, Anda dapat menggunakan sabun.
  9. Selalu baik untuk mengambil makanan hangat dan minuman.
    Pertahankan jarak individu; setidaknya tiga kaki jauhnya dari orang lain.
  10. Jauhi tempat-tempat keramaian, dalam hal apapun, untuk periode awal ini.
  11. Bersihkan tangan dan kaki anda ketika anda mencapai rumah atau tempat kerja Anda.
  12. Ketika anda mencapai rumah, Anda harus masuk ke dalam hanya setelah mencuci kaki. Langsung saja, anda harus mandi.
  13. Ambil makanan kaya protein, yang akan membuat tingkat ketahanan anda naik dan akan meningkatkan kekuatan kekebalan keseluruhan.
  14. Lakukan latihan fisik secara teratur, yang akan membantu metabolisme tubuh kita.
  15. Hubungi dokter yang spesialis jika anda merasakan sesuatu yang salah dengan tubuh Anda. Jangan pernah mencoba untuk melakukan pengobatan sendiri.

Akhirnya, kita harus belajar pelajaran yang diajarkan Corona Virus ini bahwa kehidupan manusia begitu rapuh, dan dapat runtuh bahkan oleh virus satu menit, yang tidak terlihat oleh manusia telanjang mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *